Berikut akan disajikan contoh Penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VI dengan materi Peristiwa Alam.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas,semester : VI,II
Alokasi Waktu : 2 x jam pelajaran
Satuan Pendidikan : _____________
Standar Kompetensi
2 Memahami
gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan
gejala (peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
Indikator
·
Membandingkan ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara lain
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melalui pengamatan dari berbagai media
mengenai gejala alam yang terjadi di Indonesi dan sekitarnya, siswa mampu :
1. menyebutkan lima dari lima contoh
gejala alam yang sering terjadi di Indonesia dengan benar.
2. membedakan
peristiwa alam yang menguntungkan dan merugikan dengan benar.
3. menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam yang disebabkan oleh faktor
manusia dengan benar
II. Materi
Pokok
§ Gejala
alam yang sering terjadi di Indonesia adalah, banjir, angin topan, gempa bumi,
tanah longsor, badai,tsunami
§
Beberapa peristiwa alam yang
menguntungkan diantaranya, hujan, kemarau, pelangi, embun, kabut dan lain-lain.
§
Penyebab terjadinya peristiwa alam yang
disebabkan oleh manusia diantaranya,
Ø Penebangan
hutan secara liar
Ø Perladangan
berpindah
Ø Membuang
sampah dan limbah sembarangan
Ø Penambangan
III. Metode Pembelajaran
·
Metode pembelajaran :
ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi kelompok, pengamatan
·
Model Pembelajaran :
example non example
·
Pendekatan : PAIKEM
IV. Langkah –
langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
·
Mengkondisikan siswa pada kondisi siap
melaksanakan pembelajaran
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai setelah pembelajaran selesai di bahas.
·
Mengaitkan pembelajaran yang telah
dibahas sebelumnya dengan materi yang akan dibahas dengan memberkan kuis
teka-teki silang yang harus dijawab siswa secara berkelompok.
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Ø Guru
mempersiapkan berbagai gambar peristiwa alam dan membagikannya kepada
masing-masing kelompok.
Ø Siswa
diberikan kesempatan untuk mengamati dan menganalisis gambar peristiwa alam
tersebut dengan teman sekelompoknya.
·
Elaborasi
Ø Siswa
diberikan kesempatan untuk mendiskusikan hasil analisisnya dengan teman
sekelompoknya.
Ø Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sekelompoknya mengenai apa
yang diketahui tentang gejala alam yang telah diamatinya dari gambar berbagai
peristiwa alam.
·
Konfirmasi
Ø Siswa
yang lain memberikan tanggapan dan komentar terhadap hasil kelompok lain.
Ø Guru
memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan masing-masing kelompok.
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bantuan bimbingan guru
menyimpulkan materi yang telah dibahas.
·
Siswa bersama dengan guru melakukan
refleksi terhadap materi yang telah dibahas.
·
Melaksanakan evaluasi.
V. Alat dan
Sumber Pembelajaran
·
Alat : Gambar berbagai gejala alam.
·
Sumber Pembelajaran :
Sri Wasono Widodo, ayo belajar sambil
bermain Ilmu Pengetahuan sosialUntuk SD/MI kelas VIPusat
Perbukuan,hal 46-58.
VI. Evaluasi
·
Jenis Tes : Tes tulis,
perbuatan
·
Prosedur Tes : awal,akhir pembelajaran
·
Bentuk Tes : uraian
·
Alat Tes : Terlampir
·
Kriteria Penilaian
NILAI AKHIR : Jumlah
Skor x 100
Skor max
Mengetahui
Kepala SD_________
___________________
|
_____________,20....
Guru Kelas VI
_________________
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar